Skip to main content
OPMADRASAH

Contoh Administrasi Perangkat Pembelajaran


Contoh Administrasi Perangkat Pembelajaran - Perangkat belajar sudah menjadi suatu kewajiban bagi guru di setiap lembaga pendidikan sebagai bentuk profesionalisme kinerja seorang guru dalam melaksanakan kegiatan belajar mengajar (KBM) didalam maupun diluar kelas. Salah satunya adalah RPP sebagai jabaran dari silabus.

RPP memuat Identitas mata pelajaran, Kompetensi inti, Kompetensi dasar, Indikator pencapaian kompetensi, Tujuan pembelajaran, Materi ajar, Alokasi waktu, Metode pembelajaran, Kegiatan pembelajaran, Penilaian hasil belajar, dan Sumber belajar.

Berikut ini secara rinci dari administrasi perangkat pembelajaran yang harus dimiliki oleh guru :

Rincian Minggu Efektif

Rincian Minggu Efektif perlu disusun oleh guru untuk pedoman waktu dalam merencanakan pembelajaran selama satu semester pada tahun pelajaran tertentu. Meliputi jumlah minggu dalam kegiatan pembelajaran tiap semester sesuai dengan ketentuan kalender pendidikan.

Rincian Minggu Efektif diperlukan dalam penyusunan perangkat pembelajaran, kare menjadi penentu awal pembuatan Program Tahunan (Prota) dan Program Semester (Promes).

Program Tahunan

Program Tahunan merupakan program umum setiap mata pelajaran untuk setiap kelas, berisi tentang garis-garis besar yang hendak dicapai dalam satu tahun dan dikembangkan oleh guru mata pelajaran yang bersangkutan program ini perlu dipersiapkan dan dikembangkan oleh guru sebelum tahun pelajaran dimulai , karena merupakan pedoman bagi pengembangan program-progran berikutnya, yakni program semester, mingguan dan harian serta pembuatan silabus dan sistem penilaian

Program Semester

Program semester adalah program yang berisikan garis-garis besar mengenai hal-hal yang hendak dilaksanakan dan dicapai dalam semester tersebut.Program semester merupakan penjabaran dari program tahunan.

Silabus

Silabus merupakan rencana pembelajaran pada suatu dan/atau kelompok mata pelajaran atau tema tertentu yang mencakup Standar Kompetensi, Kompetensi Dasar, materi pokok/pembelajaran, kegiatan pembelajaran, indikator, pencapaian kompetensi untuk penilaian, alokasi waktu, dan sumber belajar.

RPP

Rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) adalah rencana yang menggambarkan prosedur dan pengorganisasian pembelajaran untuk mencapai satu kompetensi dasar yang ditetapkan dalam Standar Isi dan dijabarkan dalam silabus.

Format Penilaian

Penilaian (assessment) adalah proses pengumpulan dan pengolahan informasi untuk mengukur pencapaian hasil belajar peserta didik dengan berbagai cara dan beragam alat penilaian belajar peserta didik. Penilaian menjawab pertanyaan tentang sebaik apa hasil atau prestasi belajar seorang peserta didik.Hasil penilaian dapat berupa nilai kualitatif (pernyataan naratif dalam kata-kata) dan nilai kuantitatif (berupa angka).

Analisis Hasil Penilaian

Analisis Hasil Penilaian adalah seperangkat format untuk menganalisis hasil-hasil penilaian yang telah dilakukan oleh guru. Tujuan dari analisis ini adalah :

  • Mengetahui tingkat kesukaran butir soal, efektifitas option jawaban, menentukan status soal apakah bisa diterima untuk ulangan yang akan datang atau tidak
  • Mengetahui prosentase ketutasan belajar setiap peserta didik
  • Menentukan peserta didik yang harus mengikuti remedial atau pengayaan


Download Administrasi Perangkat Pembelajaran

Selengkapnya bisa anda download pada link berikut ini:
Download

Kalender Pendidikan

Kalender Pendidikan ( Kaldik ) adalah pengaturan waktu untuk kegiatan pembelajaran peserta didik selama saut tahun ajaran. Kalender pendidikan mencakup permulaan tahun ajaran, minggu efektif belajar, dan hari libur.Kurikulum satuan pendidikan pada setiap jenis dan jenjang diselenggarakan dengan mengikuti kalender pendidikan pada setiap tahun ajaran.