Skip to main content

Panduan Aplikasi PDUM Pangkalan Data Ujian Madrasah


Sebelum pelaksanaan UMBKS MI, terlebih dahulu melengkapi data madrasah dan siswa di PDUM (pangkalan data ujian madrasah) untuk semua jenjang di Kementerian Agama. Karena pada aplikasi virtual box akan mengambil data / sinkron dari data PDUM untuk pelaksanaan ujian madrasah berbasis komputer dan smartphone.

Oh ya sekedar informasi bahwa tahun pelajaran 2019/2020 ini, ujian madrasah sudah 100% menggunakan sistem aplikasi komputer / HP (bukan kertas lagi). Penggunaan tehnologi smartphone dengan pemanfaatan jaringan router yang telah disempurnakan ini diharapkan sesuai dengan tujuan yang diharapkan sehingga hasilnya lebih optimal.

Madrasah memasang instalasi jaringan dan dan router (wifi tanpa paket data) dittiap-tiap ruang kelas / ruang ujian serta perangkat komputer sebagai server. Dengan menyediakan komputer utama sebagai server.

Download Panduan Aplikasi PDUM


Selengkapnya bisa anda download pada link berikut ini:
Download

Pada ujian berbasis android ini, siswa hanya mematikan paket data dan menyambungkan wifi dengan link router, selanjutnya mengisi user id dan pasword. Aplikasi soal diacak secara otomatis, status pekerjaan siswa dapat dipantau melalui server. Aplikasi ini menampilkan skor nilai secara langsung serta hasil penilaian ini dapat dimanfaatkan untuk keperluan analisis soal.
Catatan: File yang kami bagikan hanya tinggal download (kecuali aplikasi berbayar) sehingga anda tidak perlu meminta akses untuk mengedit.