Skip to main content
OPMADRASAH

Supaya Server UMBKS MI Bisa Diakses Siswa / Client Dari HP


Supaya Server UMBKS MI Bisa Diakses Siswa / Client via HP - Seiring dihapusnya ujian nasional untuk jenjang Madrasah Ibtidaiyah (MI) pada tahun pelajaran 2019/2020, maka akan diganti dengan ujian madrasah berbasis komputer dan smartphone (UMBKS) untuk semua mata pelajaran.

Aplikasi yang digunakan sebagai server sebetulnya sama dengan ARD (aplikasi raport digital) yaitu menggunakan VirtualBox, hanya saja virtual machine nya berbeda. Sehingga cara membuat virtual machine antara ARD dengan UMBKS tidak ada perbedaan sama sekali. Bahkan 1 VirtualBox bisa digunakan untuk ARD dan UMBKS.

Meski begitu, proktor madrasah tak sedikit yang bertanya: "kenapa siswa tak bisa akses?" atau pertanyaaan yang sejenis. Dan supaya tidak bertele-tele, kita langsung saja ya!

Saya tidak membahas tentang bagaimana cara setting ini-itu dan sebagainya karena anda sudah lebih paham dari saya, tapi berdasarkan temuan saya bahwa banyak proktor madrasah yang melewatkan 1 langkah setting network / jaringan supaya bisa diakses oleh siswa menggunakan HP.


Pada adapter 1 kita settingnya seperti ini, tapi kita melewati setting lanjutan untuk adapter 2. Perhatikan gambar dibawah ini, dan lakukan seperti petunjuk:

Network > Adapter 2 > Advanced > Port Forwarding


maka akan muncul kotak dialog seperti ini:


Klik icon + lalu silahkan isi Host Port dengan angka 1000, Guest IP isi dengan IP Virtual Machine (192.168.0.101), Guest Port isi 80 saja cukup (batas akses client), dan Oke.

Siapkan 2 HP, 1 untuk hotspot dan 1 untuk digunakan login akun siswa. Setelah hotspot aktif dan terhubung dengan laptop server dan HP siswa. Kemudian coba HP siswa akses IP wifi tersebut (yang diakses buka IP virtualbox).

Misalnya IP wifi saya 192.168.43.13 lalu tambahkan titik dua dan angka 1000 (setting adapter 2 tadi), sehingga akses login siswa menggunakan link:

192.168.43.13:1000

Lalu bagaimana cara mengetahui IP wifi kita? silahkan ikuti langkah berikut:

control panel > network and internet > network and sharing center > change adapter setting >

Kemudian klik 2x pada adapter wifi kita lalu pilih Detail, seperti pada gambar berikut:


Kemudian akan muncul detail IP hotspot anda, seperti pada gambar berikut:


Catatan: perlu diketahui bahwa jika menggunakan hotspot HP, tentu ada batas maksimal perangkat yang bisa mengakses HP tersebut.