Skip to main content

Petunjuk Teknis Pendirian Madrasah Terbaru

Petunjuk Teknis Pendirian Madrasah Terbaru - Salam sejahtera para pembaca pemangku madrasah. Mengingat pendirian madrasah telah diatur oleh undang-undang, maka wajib bagi kita untuk selalu mematuhinya sebagai teladan bahwa kita adalah warga negara yang baik.

Penyusunan petunjuk teknis ini dilandasi oleh pemikiran dan pertimbangan sebagai berikut:

Pertama; akses pendidikan yang bermutu merupakan hak fundamental setiap warga negara yang tidak dibatasi oleh status sosial, status ekonomi, suku, etnis, agama, dan gender.

Kedua; peningkatan dan penjaminan mutu pendidikan nasional menjadi agenda dan prioritas pemerintah dalam upaya membangun Indonesia yang sejahtera, demokratis, dan berkeadilan.

Ketiga; kebijakan teknis peningkatan dan penjaminan mutu pendidikan nasional dilakukan dalam tiga program terintegrasi, yaitu evaluasi, akreditasi, dan sertifikasi.

Akreditasi merupakan salah satu program atau kebijakan yang digunakan sebagai strategi penjaminan dan pengendalian mutu pendidikan nasional. Akreditasi juga merupakan sebuah strategi kebijakan yang digunakan sebagai salah satu instrumen penilaian kelayakan satuan pendidikan dalam menyelenggarakan pendidikan dengan mengacu pada 8 standar nasional pendidikan (SNP). Yaitu: standar isi, standar kompetensi lulusan, standar proses, standar pendidik dan tenaga kependidikan, standar sarana dan prasarana, standar pengelolaan, standar penilaian, dan standar pembiayaan.

Keempat; sejalan dengan pemikiran tersebut, dalam upaya meningkatkan akses pendidikan madrasah yang bermutu, maka perlu kebijakan strategis untuk menjamin bahwa layanan pendidikan madrasah telah memenuhi standar pelayanan minimal (SPM) penyelenggaraan pendidikan nasional.

Atas dasar pemikiran tersebut, kebijakan dan peraturan tentang persyaratan dan prosedur pendirian madrasah yang diselenggarakan oleh masyarakat perlu diatur secara lebih baik dengan menekankan pada aspek kualitas pemenuhan standar pelayanan minimal.

Salah satu yang dijelaskan dalam juknis pendirian madrasah ini adalah:

  1. Persyaratan administratif
  2. Persyaratan teknis
  3. pembagian kewenangan
  4. prosedur pendirian madrasah
  5. contoh surat pengantar proposal pendirian madrasah
  6. formulir pendirian madrasah
  7. surat pernyataan kesanggupan pembiayaan madrasah
  8. sistematika dokumen studi kelayakan pendirian madrasah
  9. tanda terima proposal pendirian madrasah
  10. berita acara verifikasi dokumen persyaratan administratif, teknis dan kelayakan

Download Juknis Pendirian Madrasah

Selengkapnya bisa anda download pada link berikut ini:

Download

Demikian yang bisa saya share, semoga bisa memberikan manfaat...

Catatan: File yang kami bagikan hanya tinggal download (kecuali aplikasi berbayar) sehingga anda tidak perlu meminta akses untuk mengedit.